SEPEDAKEREN 2022

MIFTAHUL HUDA 21 November 2022 09:29:56 WIB

         Sepedakeren adalah inovasi yang digagas oleh istri Bupati Trenggalek. Namun dalam prakteknya kegiatan ini dilaksanakan olh seluruh desa dan kelurahan yang ada di wilayah kabupaten Trenggalek. Tidak luput juga desa Dermosari, dua tahun berturut turut ini juga menyelenggarakan sepedakeren. Dalamkegiatan ini,setiap desa mengirimkan 5 (lima) kader sepedakeren untukmengikuti rangkaian kegiatan. Untuk desa Dermosari, pelaksanaan ini sebenarnya diikuti oleh 5 desa yakni desa Dermosari, Gading, Nglinggis, Duren dan Pucanganak.

         Setiap desa tersebut menghadirkan lima kader dan dimentori oleh dua orang mentor yang direkrut oleh Kabupaten. Dua orang mentor tersebut adalah Nurhidayati dan Kunni Annisa Fathimah, mereka melaksanakan kegiatan ini 5 kali berturut turut secara bergantian di desa desa diatas. Untuk desa Dermosari kemarin dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 18 November 2022 bertempat di balai desa Dermosari. Tampak beda dalam pelaksanaan ini, disini terlihat bahwa acara tersebut dibuka oleh kepala desa Dermosari dan dilanjutkan materi oleh kedua mentor sepeda keren tersebut.

        Pada saat kegiatan, mentor sepedakeren baik mbah Nurhidayati dan juga mbak Kunni berharap agar kader sepedakeren mampu berperan di masyarakat terutama menerapkan ilmu yang selamaini didapat dari kegiatan sepedakeren. Menjadi kader sepedakeren memang tidakmudah, namun bukan berarti tidak bisa. Jika adapermasalahan dimasyarakat terutama tentang masalah perempuan, anak, dissabilitas dan kelompok rentan lainnya diharapkan para kader mampu menjadi rujukan dimana bisa memfasilitasi permasalahan - permasalahan yang ada dapat tersampaikan ke pihak terkait agar mendapatkan penanganan yang tepat.

          Banyak hal permasalahan yang ada di masyarakat tentang hal tersebut, baik kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan anak, kekerasan ekonomi ataupun hal lainnya yang berhubungan dengan sepedakeren ini dengan adanya program sepedakeren diharapkan kader ini mampu menangkap permasalahan dan bisa menjadi rujukan untuk mendampingi ke pihak-pihak terkait agar permasalahan dapat terselesaikan dengan baik. Selain penyelesaian permasalahan tugas kader adalah menyosialisasikan kepada masyarakat agar masalah - masalah seperti diatas tidak sampai terjadi.

Komentar atas SEPEDAKEREN 2022

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi DERMOSARI

tampilkan dalam peta lebih besar