BLT DD JANUARI 2024

MIFTAHUL HUDA 23 Januari 2024 10:49:51 WIB

Pemerintah Desa (Pemdes) di seluruh Indonesia masih menjadikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) sebagai salah satu prioritas penggunaan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2024. Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, bahwa BLT DD harus terus dipertahankan sebagai program prioritas pemerintah untuk membantu masyarakat desa yang terdampak pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 146 Tahun 2023 tentang Pengalokasian Dana Desa Setiap Desa, Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2024, alokasi BLT DD paling banyak 25% dari pagu anggaran Dana Desa yang diterima. Artinya, setiap desa di Indonesia dapat mengalokasikan Dana Desa sebesar Rp 300 juta hingga Rp 1,2 miliar untuk program BLT DD.

BLT DD diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) yang memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Keluarga miskin yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)
  • Keluarga yang kehilangan mata pencaharian akibat pandemi COVID-19
  • Keluarga yang anggotanya rentan sakit menahun/kronis dan atau difabel
  • Keluarga yang tidak menerima bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH)
  • Rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia

BLT DD diberikan setiap bulan selama 12 bulan dengan besaran Rp 300.000 per KPM. Penyaluran BLT DD dilakukan oleh pemerintah desa melalui rekening bank yang telah ditentukan.

Pada tahun 2023, jumlah KPM BLT DD di seluruh Indonesia mencapai 10,4 juta keluarga. Jumlah ini diperkirakan akan meningkat pada tahun 2024, seiring dengan pemulihan ekonomi nasional dan upaya pemerintah untuk menekan angka kemiskinan.

BLT DD telah memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat desa, terutama untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Selain itu, BLT DD juga telah meningkatkan daya beli masyarakat desa dan mendorong pertumbuhan ekonomi di pedesaan.

Dengan tetap menjadikan BLT DD sebagai salah satu prioritas penggunaan Dana Desa, pemerintah diharapkan dapat terus membantu masyarakat desa yang terdampak pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Dengan hal tersebut diatas pemerintah Desa Dermosari juga melaksanakan kegiatan ini. Penyaluran BLT DD di desa Dermosari diawali pada bulan Januari 2024 tanggal 22 bertempat di balai desa Dermosari. Dalam penyaluran ini ada 40 KPM yang menerima dan juga dihadiri oleh BKTM dan Babinsa desa Dermosari. Selain itu juga tampak hadir pula Pendamping lokal desa mendampingi acara tersebut.

Komentar atas BLT DD JANUARI 2024

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi DERMOSARI

tampilkan dalam peta lebih besar