PEMBAGIAN BLT DD TAHAP VII

MIFTAHUL HUDA 18 November 2020 10:00:22 WIB

           Pandemi covid merupakan momok yang menakutkan bagi seluruh dunia. Tak ubahnya Indonesia, di negara tercinta ini status pandemi sampai sekarang belum dicabut. Bahkan di Trenggalek ini yang perkembangan kasus covid sempat menurun tiba-tiba kembali naik lagi.

              Namun, kali ini bukanlah kasus covid-19 yang akan kita bahas. Lebih mulia kita memikirkan dampak covid ini dan bagaimana cara menyikapinya termasuk menerapkan gerakan mematuhi protokol kesehatan di kehidupan sehari hari. Dampak yang paling terasa adalah dampak ekonomi, mau tidak mau kita semua pasti merasakan termasuk seluruh warga dermosari. Untuk mengurangi rasa dari dampak tersebut negara melalui kementriannya memberikan bantuan yang sangat bermacam-macam jenisnya. Mulai dari BST yang melalui Himbara, Pos Indonesia dan juga perluasan KPM BPNT, KPE ( Kartu penyangga ekonomi), BTT (Bantuan tak terduga) , dan juga bantuan stimulan untuk UMKM  dan bantuan yang lain.

           Nah, kalau desa bagaimana? apa desa bisa memberi bantuan? mungkin ini yang menjadi pertanyaan bagi masyarakat pedesaan. Jawabnya adalah "Bisa" . Desa bisa memberi bantuan berupa bantuan yang berasal dari dana desa yang biasa disebut BLT DD. Mekanisme pemberian bantuan tersebut adalah dengan musyawarah khusus untukmenentukan pnerima BLT DD dan di SK kan oleh kepala desa baru kemudian bisa di beri bantuan BLT DD. "Loh,kenapa tidak di bagikan saja merata toh itu juga uang negara?" muncul lagi sebuah pertanyaan. Desa memberi BLT DD sesuai kemampuan desa dan ada banyak mekanisme yang harus dipatuhi. Selain BLT DD desa juga menganggarkan dana desa untuk pembangunan , untuk pencegahan covid-19 dan juga untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat.

           Dalam melaksanakan pembagian BLT DD, hari ini Rabu, 18 Nopember 2020 desa Dermosari melkasanakan penyaluran BLT DD tahap 7. Penyaluran BLT DD ini dilakukan mulai dari bulan April 2020 dengan jumlah penerima yang telah ditentukan melalui muskhus (musyawarah khusus). Pembagian BLT DD senilai 300.000 rupiah ini dilaksanakan dai balai desa Dermosari yang dihadiri oleh petugas dari kecamatan, babinsa,bktm dan juga pendamping desa. Dan untuk penyaluran bulan ini BLT DD diberikan kepada sejumlah 53 orang. jumlah ini meningkat karena pada 3 bulan pertama pencairan BLT DD desa Dermosari memberikan BLT DD senilai 600.000 Rupiah kepada 44 orang penerima.

          BLT DD merupakan satu satunya program bantuan pandemi covid-19 yang benar - benar dikelola sepenuhnya oleh pemerintah desa. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan desa Dermosari benar-benar aman dari covid-19 dengan cara selalu mematuhi protokol kesehatan.

         

Komentar atas PEMBAGIAN BLT DD TAHAP VII

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi DERMOSARI

tampilkan dalam peta lebih besar